Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kota Jakarta Pusat . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa Tumang tsb dikenal sbg pusat pengrajin kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa family Cepogo membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, & sebagainya namun sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan interior masjid, rumah, & lainnya.


Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Negeri Kita & luar negeri. Orderan kerajinan tembaga meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka ingin memudahkan para ahli kerajinan tembaga buat mempromosikan produknya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi website sangat memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pematang siantar. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bogor.
Contoh Seni Logam Tembaga yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli juga dpt memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.
Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan sangat beragam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yaitu banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu otomatis dikenai ongkir.
Problem para pengusaha kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lainnya, pengusaha Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.
Sebagai produsen kerajinan tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan memantau permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery nggak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel tapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.
Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekadar satu saja tapi cukup banyak.
Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.
Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari bandar lampung. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin paham metode untuk memproduksi seni tembaga yang memiliki kualitas & cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen konsumen puas.